Thursday, November 15, 2007

Automatic 12V Lead Acid Battery Charger

Charger Aki 12 V Otomatis

This charger will charge any 12V lead acid battery including flooded, gel and AGM. It is fully automatic and will charge at a rate up to about 4A until the battery voltage reaches a preset point at which it will switch to a very low current float charge.

If the battery voltage drops again the charger will begin charging until the voltage once again reaches the cut off point. In this way it can be left connected to a battery indefinitely to maintain full charge without causing damage. An LED indicates when the battery is fully charged.

R2 will have to be adjusted to set the proper finish charge voltage. Flooded and gel batteries are generally charged to 13.8V. If you are cycling the battery (AGM or gel) then 14.5V to 14.9V is generally recommended by battery manufacturers.

To set up the charger, set the pot to midway, turn on the charger and then connect a battery to it's output. Monitor the charge with a voltmeter until the battery reaches the proper end voltage and then adjust the pot until the LED glows steadily. The charger has now been set. To charge multiple battery types you can mount the pot on the front of the case and have each position marked for the appropriate voltage.

Q1 will need a heatsink. If the circuit is mounted in a case then a small fan might be necessary and can generally be powered right off the output of D1.

T1 is a transformer with a primary voltage appropriate to your location (120V, 220V, etc.) and a secondary around 12V. Using a higher voltage secondary (16V-18V) will allow you to charge 16V batteries sometimes used in racing applications.

If the circuit is powered off, the battery should be disconnected from it's output otherwise the circuit will drain the battery slowly.





Charger aki ini bisa digunakan untuk aki jenis apa saja. Rangkaian ini otomatis, mampu mengisi aki dengan arus 4 A hingga voltase aki mencapai titik tertentu. Pada titik ini arus pengisian menjadi sangat kecil.

Jika voltase aki berkurang lagi, rangkaian akan kembali mengisi aki hingga mencapai titik voltase tadi. Jadi, rangkaian bisa tetap disambungkan ke aki agar aki selalu dalam kondisi penuh tanpa harus takut merusak aki. Sebuah LED akan menyala untuk menandakan bahwa aki sudah penuh.


Komponennya

Komponen
Jumlah.
Ukuran
Pengganti
R1, R32330 Ohm 1/4W Resistor
R21100 Ohm 1/4W Pot
R4, R5, R7, R8482 Ohm 2W Resistor
R61100 Ohm 1/4W Resistor
R911K 1/4W Resistor
C11220uF 25V Electrolytic Capacitor
D11P600 DiodeDiode penyearah 50 V 5 A atau yang lebih besar lagi
D211N4004 Diode1N4002, 1N4007
D315.6V Zener Diode
D41LED (Merah, Hijau, atau Kuning)

Q11BT136 TRIAC
Q21BRX49 SCR
T1112V 4A TransformerLihat Catatan
F113A Sekering
S11SPST Switch, 120VAC 5A
Lain-lain1Kabel, PCB, Heatsink untuk U1, Casing, Jepit buaya untuk aki mobil, sekering dan rumah sekering


Catatan:

  1. R2 harus diatur untuk menentukan batas voltase yang diinginkan. Aki basah biasanya di-charge dengan voltase 13,8 V, sedangkan aki kering dan semi kering 14,5 - 14,9 V. Cara mengesetnya, putar potensio R2 hingga berada di posisi tengah, hidupkan charger, pasang aki yang akan di-charge. Amati proses pengisian dengan voltmeter hingga voltase aki mencapai voltase yang diinginkan. Kemudian putar potensio R2 hingga LED menyala. Charger sudah siap digunakan sekarang. Untuk men-charge berbagai macam tipe aki, lakukan hal yang sama untuk tiap aki dan tandai posisi potensiometer R2 untuk tiap tipe aki.
  2. Q1 harus diberi heatsink. Jika rangkaian dikemas dalam casing, maka diperlukan fan kecil yang bisa dicatu dari keluaran D1.
  3. T1 adalah transformator dengan voltase primer sesuai dengan voltase lingkungan kerja Anda, dan sekundernya sekitar 12V. Dengan voltase yang lebih tinggi (16 - 18V), Anda bisa men-charge aki dengan voltase 16V.
  4. Jika rangkaian dimatikan, aki harus dilepas dari rangkaian, jika tidak maka rangkaian akan menguras aki pelan-pelan.

http://www.aaroncake.net

25 comments:

Unknown said...

If I use this circuit for 6V Lead Acid Battery, what component that i must change??

Thank's for all

admin said...

Just change your transformer secondary voltage to 6 - 7,5 V

(: T O T O :) said...

Mase,
Kalau mau ngecharge untuk aki 7 ampere bagaimana?
Apa perlu aku ganti trafonya?

Txs

JIM said...

, kalo saya mau cari aki motor ukuran 16 v (ampere standard) itu dimana yah bro? ato aki yg 12 V di modif jadi 16 V bisa ga yah?
Maaf neh bro, gaptek masalah aki. hehehehe, thanks bro

admin said...

@ (: T O T O :)
Gak perlu ganti trafo sih, cuma agak lama penuhnya. Kalau mau cepat ya diganti dengan yang di atas 7 A.

@ JIM
Aki motor kan biasanya 12 V, motor apa ya yang aki-nya 16 V?

Unknown said...

jika pakai trafo yg 15A apakah ada komponen yg harus diganti???

JIM said...

@ alfi,
btw itu rangkainya uda jadi bro,dijual kah?
hehehehe

ada bro aki motor yg 16V, kalo galah itu batas maksimum toleransinya aja, minimum 12v maks. 16 v akinya.

abah said...

kalo ampere-nya 10 A apa trafonya perlu diganti juga, trus komponen lainnya juga seperti dioda-nya juga diganti?

luthfi said...

mas alfi,

kalo proses discharge-nya gmn yach???

admin said...

@Umar:
Ya, ganti trafonya yang kapasitasnya di atas 10A, begitu juga diodanya.

@Luthfi:
Maksudnya discharge secara sengaja?
Seperti yang disebut di atas, kalau rangkaian dimatikan dan aki tidak dicabut, pelan-pelan aki akan habis/discharge.

Unknown said...

1. ada layout buat pcb nya?maklum sy awam
2. kalo men-charge aki mobil 12v/35Ah butuh berapa lama?kl pengen cepet gmana?

admin said...

@iann

1. Saya gak punya layout PCB-nya, pake PCB bolong2 saja, sambung pake kabel Mas.

2. Kalau mau cepat, pakai trafo yang ampere-nya besar. Tapi, resikonya aki jadi lebih cepat rusak juga.

ajib said...

ada ngak pengganti BRX49 SCR, di t4 saya susah mencarinya

admin said...

@ajib:

Equivalen BRX49 bisa dilihat di:

http://pdf1.alldatasheet.com/datasheet-pdf/view/56475/BOCA/BRX49.html

http://www.datasheetarchive.com/BRX49+equivalent-datasheet.html

eko said...

mo pesan charge aki kering yg sudah jadi bisa gak,harganya berapa.

admin said...

Wah, belum produksi nich ....

maintenance_ikp-ri said...

bro kalo pake yang 10A dioda yang harus diganti yang mana trus diganti yang brapa???

btw kayanye komponen2xnya lumayan susah nyarinya kalo ditoko elektronik biasa, ada advice g bli dimana??kalo bro alfi jual komponennye ataw rangkaian yang udah jadi brapa???

admin said...

Coba cari di glodok Jakarta, banyak kok komponennya atau persamaannya.

penjol wong semuli said...

Sip bener

Zero Seven said...

Masbro Alfi, di situs

http://pdf1.alldatasheet.com/datasheet-pdf/view/56475/BOCA/BRX49.html

SCR sebagai berikut di bawah ini
MCK100-8
MCR12D
MCR106
S6200
C122A1
MCR12
MCR8S
F0810
SCP6C60
itu bisa ga buat gantinya SCR BRX49 ?

admin said...

@Zul Fauzi: coba cek di sini, ada beberapa persamaan
http://www.datasheetcatalog.org/datasheet/boca/2N885.pdf
atau di sini
http://www.datasheetcatalog.org/datasheet2/f/0cxdw9po2dezr4h03zz8f5z5hs7y.pdf

itsainsjogja said...

coba gambar dulu ah lay-outnya, beli komponen belakangan kalo ada duit hehe

Kelabang Merah said...

Mas,
saya punya charger 6V cuma mo nambahin biar ada tanda kalo charging-nya udah penuh n mutusin arus ke battery gmana caranya ya..
thx

Pikat said...

mas bro..
Tlonk ane donk .
Ane udah bli komponennya.
Tp ada 3 yang gak ada.
Yaitu:
100 ohm 1/4w pot
BT136 TRIAC
Dan BRX49SCR.
Apakah ada penggantinya .atau apakah saya bisa mencopotnya di tempat lain misalnya di rangkaian lampu neon kah ato di tempat lain.
Trimakasih.mas.

Masalah Anda said...

Maaf mas mau menambahkan, bukankah input accu voltasenya harus lebih besar?
Coba dimodifikasi rangkaian saya:

www.cewebohai.blogspot.com

Didalamnya ada rumus menghitung keluaran voltase

Semoga bisa membantu, teman-teman kita sekalian..